Cara Membuat Animasi Pada Blender

Pertama kita masukkan dulu object dasar karakternya, disini saya menggunakan object kubus. Cara memasukkannya yaitu dengan menekan Shift+A lalu pilih Cube.




Kemudian masuk ke edit mode menggunakan tab. lalu tekan W kemudian pilih subdivide smooth sebanyak 3x sehingga bentuknya akan berubah menjadi seperti diatas.





Kita blok vertex di bagian depan objek dengan mengganti menu menjadi face select untuk membuat muka. Kemudian kita extrude dengan menekan tombol E, tarik searah sumbu y ke arah dalam untuk membentuk cekungan pada mukanya sehingga bentuk objek menjadi seperti diatas.




Lalu untuk membuat badannya saya menggunakan object UV Sphere lalu diletakkan persis dibawah kepalanya, masuk ke edit mode, setelah itu untuk membuat ikat pinggangnya blok 2 kotak atas bawah lalu blok memutar lingkarannya, setelah di blok tekan E untuk extrude lalu tarik keluar sedikit agar terlihat seakan – akan seperti ikat pinggang. Lalu untuk kepala ikat pinggangnya blok 4 kotak di bagian depan dari ikat pinggang lalu tekan E untu k extrude lalu tarik keluar sedikit.




Lalu untuk membuat lengan tangannya digunakan objek Cylinder dan untuk membuat telapak tangannya saya menggunakan UV Sphere lalu untuk merubah ukuran objeknya dengan menekan S pada keyboard. Untuk membuat lengan dan telapak tangan yang sebelahnya bisa dengan duplicate lalu tekan X agar objek akan bergerak kesamping sesuai sumbu x sehingga simetris.




Untuk kakinya menggunakan Cylinder dan diletakkan dibawah badannya lalu untuk merubah ukuran objeknya dengan menekan S pada keyboard. Setelah itu untuk membuat kaki yang sebelahnya bisa dengan duplicate lalu tekan X agar objek akan bergerak kesamping sesuai sumbu x sehingga simetris.




Untuk membuat telapak kakinya dengan menggunakan object cube. Atur sehingga membentuk balok, masuk ke edit mode lalu Loop Cut dengan menggunakan ctrl+R dan gunakan scroll mouse untuk membuat tiga Loop Cut sekaligus seperti pada gambar pertama. Setelah itu Loop cut lagi untuk membuat potongan di bagian depannya. Setelah itu dengan atur dengan menggunakan mouse setiap garisnya sedemikian rupa sehingga membentuk seperti gambar ketiga.




Setelah itu blok semua sisi kubus tadi dengan menekan A dua kali, setelah itu di menu samping pilih modifiers lalu pilih Subdivision Surfaces lalu pilih view dan render ke dua, setelah itu klik apply sehingga telapak kaki berubah menjadi seperti diatas.




Untuk membuat benjolan dikepalanya menggunakan Cylinder dan juga UV sphere lalu letakkan seperti gambar diatas.




Setelah pembuatan objek nya selesai pilih menu di kiri atas, ubah default menjadi compositing. Setelah tampilan berubah pindah ke tab material lalu add material, lalu pindah ke tab texture di kanan atas setelah itu klik new dan pilih gambar yang ingin dijadikan texture dengan mengklik open dan pilih filenya sehingga tampilan kanan akan seperti pada gambar diatas, disini saya menggunakan dua gambar yang akan dijadikan sebagai texturenya.





Untuk memulai texturingnya pertama kali saya akan mentexture bagian muka saya, yaitu dengan mengklik gambar disebelah kiri bawah lalu pilih gambar yang sesuai, setelah itu saya klik kanan dibagian kepala objectnya, setelah itu saya pindah ke edit mode dan saya blok satu persatu bagian mukanya dengan mode face select sehingga menjadi seperti diatas, setelah diblok tekan ‘U’ 2 kali pada keyboard maka tampilan digambar texturenya akan seperti diatas namun belum sesuai entah terlalu besar atau posisi yang belum pas, untuk merubah ukurannya bisa tekan “S” pada keyboard lalu atur besar kecilnya dengan mouse dan tekan “X” untuk mengatur lebar bloknya, lalu untuk merubah posisinya bisa menggunakan island pada UV selection and display mode dan atur sehingga sesuai seperti tampilan diatas.





Lalu untuk bagian kepala ikat pinggangnya buat material dan texture baru, setelah itu masukkan gambar yang diinginkan dan setelah itu pindah ke edit mode lalu blok bagian ikat pinggangnya setelah itu ‘U’ 2 kali pada keyboard lalu sesuaikan dengan gambar di sebelah kirinya dengan menggunakan S pada keyboard.


 


Untuk bagian badan kita kembali ke tampilan default setelah itu buat 2 material baru lalu ubah warnanya lewat diffuse lalu buat satu warna untuk badan dan satu warna untuk ikat pinggangnya. Setelah itu untuk badannya pertama masuk ke edit mode lalu tekan A 2 kali agar semua terblok setelah itu assign.


  


Untuk bagian ikat pinggang sama seperti diatas namun gunakan material yang berwarna hitam dan blok bagian ikat pinggangnya saja setelah itu assign. Lalu karena tadi bagian kepala pinggangnya berubah menjadi biru maka untuk mengembalikannya lagi blok 4 kotak di bagian kepala ikat pinggannya kemudian pilih material 003 kemudian assign.




Sisanya untuk bagian telapak tangan dan kaki digunakan material baru dengan mengklik plus lalu pilih warna pink lewat diffuse dan samakan ke semuanya.




Untuk rigging dimulai dengan menekan shift+A pada keyboard, setelah menu muncul pilih armature lalu pilih single bone untuk menambahkan bone pada object.




Lalu atur posisi bone sesuai dengan objectnya dengan menggunakan 3D manipulator widget dan pilih translate seperti pada panah diatas, dan juga pilih menu xray agar bone terlihat dari luar walaupun berada didalam object.







Lalu atur bone sedemikian rupa sesuai dengan objectnya seperti pada tampilan diatas, saya tidak membuat bone telapak tangan, telapak kaki dan lingkaran dikepalanya terhubung langsung dengan bone dibadannya agar nantinya saat bone digerakkan bone tidak terlihat keluar dari objectnya. Sebagai gantinya, untuk menghubungkan bone yang terpisah tadi saya mengklik dua bone yang ingin dihubungkan lalu menekan ctrl+P dan pilih Keep Offset maka dua bone tersebut akan terhubung dengan simbol garis putus – putus seperti diatas.




Setelah semua bone berada diposisinya dan semua bone sudah saling terhubung, untuk menggabungkan bone dengan objectnya bisa dengan menekan ctrl+p pada keyboard lalu pilih With Automatic Weights seperti pada gambar diatas, sebelumnya jika objek semua objek belum terhubung maka blok semua objek lalu tekan ctrl+p untuk join.




Lalu untuk membuat sikut dan lutut digunakan ctrl+R atau Loop Cut dibagian tangan dan kakinya agar mematah pada saat digerakkan di animasinya nanti.




Untuk membuat animasi dimulai dengan merubah tampilan pada blender dengan memilih menu animation pada kiri atas program seperti diatas.




Setelah tampilan berubah, pada dope sheet summary buat garis hijaunya menjadi 0, ini merupakan keyframe yang nantinya digunakan untuk animasi dan animasi pada Blender biasanya 24 fps sehingga keyframe dibuat setiap 24 frame.




Jika output terlalu gelap dan tidak ada kameranya maka bisa menggunakan Shift+A lalu gunakan Point untuk cahaya dan Camera untuk kameranya.





Lalu untuk menggerakkan tulang dari object kita cukup pindah ke pose mode lalu gerakkan tulang sesuai dengan yang diinginkan dan bila sudah tekan A dua kali agar semua tulang ter select lalu tekan I dan pilih LocRotScale untuk membuat keyframe untuk tulangnya, dan jika karakter berpindah tempat maka buat satu keyframe lagi namun bukan cuman tulang tapi object juga harus diselect agar posisinya juga terdaftar di keyframenya. Lalu tampilan pada Dope Sheet Summarynya akan berubah seperti diatas. Karena saya membuat animasi berjalan berarti saya menggerakkan tangan dan kaki serta badannya yang berpindah tempat.




Lalu atur bone setiap berganti frame sesuai keinginan sehingga menjadi seperti diatas, saya membuat animasi berjalan dengan menggunakan 17 keyframe untuk animasi berdurasi 16 detik, jadi total animasi terdapat 384 frame dan sebelum di render durasi harus di ganti sesuai dengan frame yang ditentukan agar blender tidak merender frame lebih dari 384.





Untuk membuat output animasinya pertama ke menu sebelah kanan bawah dari program lalu pilih logo foto dibagian atasnya, setelah itu scroll ke paling bawah hingga ke sub menu output, disitu kita bisa mengatur format output dan lokasi output yang diinginkan, untuk format video salah satunya bisa menggunakan format AVI JPEG dan untuk gambar salah satu nya bisa menggunakan format PNG. Jika lokasi penyimpanan, format dan nama filenya sudah sesuai bisa kembali scroll ke atas lalu klik Animation, format video AVI nya dapat ditemukan di folder output yang sebelumnya sudah kita tentukan tadi.

ANIMASI BOMBERMAN


Komentar